Siswa MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah Delegasikan Propinsi Bengkulu di KSN Tingkat Nasional

Bengkulu Tengah—Mayang Sari, siswi kebanggaan MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah membawa harum nama Propinsi Bengkulu di tingkat nasional dalam ajang bergengsi Kompetensi Sains Nasional  Tingkat Nasional cabang Ilmu Fisika. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai dengan 12 November 2021 secara virtual.

Untuk sampai di tahap ini, siswi yang tidak banyak bicara ini telah melewati tahap yang cukup panjang. Mulai dari seleksi interen madrasah, seleksi di tingkat kebupaten/kota, hingga seleksi di tingkat propinsi. Sebelum berlaga di medan kompetisi KSN tingkat nasional, gadis yang akrab disapa Mayang ini, didampingi guru pembimbing Bapak Romidh Harli, S.Pd telah melalui rangkaian bimbingan intensif mulai dari Pelatihan Olimpiade yang selenggarakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu pada tanggal 26 s.d 31 Oktober 2021 di Hotel Nala Kota Bengkulu hingga Pelatihan Olimpiade yang diselenggarakan oleh MAN IC se-Indonesia pada 1 s.d 5 november 2021 di MAN IC Pekalongan. Selama menjalani bimbingan intensif, Mayang mengaku sangat senang dan terbantu karena dilatih oleh tenaga pengajar yang mumpuni dan berkompetensi di bidang Fisika. “Saya merasa sangat beruntung berkesempatan mendapat bimbingan dan pelatihan dari Diknas Propinsi dan MAN IC se-Indonesia. Selain itu saya juga senang bisa bertemu dengan teman- teman para pejuang olimpiade dari seluruh Indonesia yang selalu menyemangati dan memberi dukungan satu sama lain” ujarnya ramah.

Dalam kompetensi hari ini (8/11) untuk menguji kemampuan menganalisa data, Mayang menjalani tes eksperimen yang terdiri dari 5 soal essay dan akan dilanjutkan dengan tes pemahaman teori esok pagi. Kredibilitas KSN dalam teknis pelaksanaan kompetisi ini juga telah dipersiapkan dengan seksana karena selain kamera pengawas di komputer utama, peserta juga harus diawasi dengan kamera proktor diperangkat kedua. Kamera tersebut diletakkan di samping kiri/kanan berjarak sekitar maksimum dua meter dari tempat duduk, dan diarahkan sedemikian rupa sehingga dapat membidik meja kerja dan layar komputer kerja dengan jelas. Pemantauan juga  dilakukan secara real time menggunakan aplikasi Zoom. (Humas MAN IC BT)

About Eva Savitri, S.Kom

Check Also

Doa, Kado dan Ucapan Selamat Banjiri Perayaan Hari Guru Nasional MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah– Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November tahun ini disambut suka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *