IKUTI PELATIHAN DIGITALISASI KONSELING, GURU BK DITUNTUT MAHIR MEMBERIKAN PELAYANAN MELALUI CYBER COUNSELING

Bengkulu Tengah, 22 Nov 2021. Bertempat di Hotel IBIS Gading Serpong Tangerang Selatan Banten sebanyak 26 guru BK MAN Insan Cendekia Indonesia terlibat aktif dalam Pelatihan Cyber Counseling yang diselenggarakan oleh MGBK MAN Insan Cendekia Indonesia dan GTK Kemenag RI.  Melalui kegiatan diklat cyber counseling ini guru BK diharapkan memiliki kemampuan penguasaan digitalisasi dalam memberikan layanan konseling kepada siswa.

Dalam sambutannya direktur  GTK Kemenag RI Dr. M. Zein menyampaikan  bahwa di era  digital permasalahan yang dialami oleh siswa semakin komplek dan bervariasi. Oleh karena itu beliau berharap melalui pelatihan ini guru BK MAN IC Indonesia  mampu memberikan pelayanan terbaik kepada siswa.

“Saya merasa sangat senang dengan kegiatan yang diadakan oleh MGBK MAN IC Indonesia ini.  Kegiatan ini membuktikan bahwa guru BK MAN IC peka terhadap  kemajuan dan tuntutan layanan pembelajaran yang serba digital. Selamat  melakukan pelatihan, semoga makin berkontribusi dalam mewujudkan madrasah yang mandiri dan berprestasi” ungkap belian saat memberikan sambutan via zoom langsung dari Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat.

Ketua KKM yang juga sekaligus kepala MAN Insan Cendekia Serpong Dr. Abdul Basyit saat memberikan pengarahan menyatakan bahwa guru BK memiliki peran strategis dalam membantu mengembangkan potensi siswa. Melalui diklat cyber counseling ini beliau berharap  guru BK mampu memberikan pelayanan terbaik terkait pengembangan potensi siswa

“siswa siswa MAN IC memiliki  target yang tinggi terkait cita-cita dan kelanjutan studi. Hal itu butuh bimbingan dan pengarahan. Saya berharap guru BK mampu membimbing dan mengarahkan siswa agar potensi yang dimiliki dapat berkembang secara maksimal” tutur Abdul Basyit.

Wakil ketua MGBK IC Indonesia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan diklat ini akan dilaksanakan selama 4 hari dan diikuti oleh seluruh guru BK MAN IC Indonesia minus guru BK MAN IC Aceh Timur yang berhalangan karena kondisi kesehatan.

“saya mewakili pengurus MGBK MAN IC Indonesia  menyampaikan bahwa selama empat hari  para peserta akan diberikan materi terkait cyber counseling oleh narasumbe dari P4TK Penjas BK. Setelah mengikuti pelatihan ini seluruh peserta wajib memiliki aplikasi layanan konseling berbasis digital, hal  ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan layanan kepada siswa di era digital” ujar Imam Hanuji

Sementara itu ketua MGBK MAN IC Indonesia Dra. Rini Kristiani menyatakan sangat bahagia bahwa kegiatan yang sudah direncanakan dari awal tahun ini akhirnya bisa terwujud. “alhamdulillah saya sangat bahagia akhirnya pelatihan cyber counseling yang merupakan program MGBK MAN IC Indonesia ini akhirnya terwujud. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama direktur GTK pak M. Zein, ketua KKM Pak Basyit, teman-teman guru BK IC Indonesia dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu atas terselenggaranya kegiatan ini. Peserta selain memperoleh materi terkait cyber counseling juga akan menerima informasi terkait prosedur penerimaan mahasiswa baru dari ketua LTMPT. Peserta  dalam kegiatan ini juga disuguhkan materi- materi menarik dari para narasumber  yang   mumpuni di bidangnya. Program mading BK Digital dari Universitas 1 2 3, informasi beasiswa dari universitas Bina Nusantara dan dari Nuffic Neso   sebuah lembaga yang mefasilitasi para siswa yang akan melanjutkan studi ke negeri Belanda.  Sekali lagi terima kasih, saya senang sekali” ujar Rini berbinar-binar. (HUMAS MAN IC Benteng)

About Eva Savitri, S.Kom

Check Also

Doa, Kado dan Ucapan Selamat Banjiri Perayaan Hari Guru Nasional MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah– Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November tahun ini disambut suka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *