Baznas Provinsi Bengkulu Sosialisasikan Optimalisasi ZIS di MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah– Dalam upaya optimalisasi penghimpunan zakat, infak, dan sodaqoh di kalangan masyarakat, kamis, (9/12) lalu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bengkulu menyambangi Kampus MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah. Sosialisasi dipusatkan di aula lantai satu gedung perpustakaan komplek kampus MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah.

 Pada kesempatan ini hadir langsung kepala MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah, Imam Ghozali, M.Pd didampingi oleh wakil kepala bidang sarana dan prasarana Romidh Harli, S.Pd. Dalam sosialisasinya, Ketua Baznas Provinsi yang diwakili oleh pelaksana bidang penghimpunan Ust. Jundullah menjelaskan bahwa BAZNAS merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS).

Jundullah juga menambahkan bahwa optimalisasi pengelolaan zakat melalui Baznas ini merupakan instruksi Presiden RI Nomor 3 Tahun 2014 yang ditujukan kepada Kementerian/Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Melalui Badan Amil zakat Nasional.

Dalam  sosialisasi yang diikuti oleh seluruh dewan, guru, staff tata usaha, dan  karyawan  MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah ini juga dibentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) sebagai satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat di semua tingkatan dengan tugas mengumpulkan zakat untuk melayani muzakki, yang berada pada desa/kelurahan, instansi-instansi pemerintah dan swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam sambutannya, kepala MAN Insan Cendekia  merespon baik kunjungan BAZNAZ Provinsi Bengkulu ke MAN IC Bengkulu Tengah.  “Kami sangat mendukung program ini. Semoga dengan adanya sosialisasi ini bisa membuka pikiran kita akan pentingnya penghimpunan zakat yang terpadu agar pengelolaan dan  pendayagunaan zakat, infaq dan sodaqoh umat dapat lebih optimal” ujar Imam Ghozali. (HUMAS IC BT)  

About Eva Savitri, S.Kom

Check Also

GURU DAN SISWA MAN INSAN CENDEKIA BENGKULU TENGAH RAIH NOMINASI TERBAIK DALAM AJANG PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN RISET NASIONAL

Renah Lebar (16/07/2022). Membanggakan. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kiprah para guru dan siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.