Renah Lebar– Dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Bengkulu Tengah, Rabu (29/05)Pengawas Madrasah dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Tengah, Rupi’ah, M.Pd memberikan pendampingan tindak lanjut tahap 2 khusus mengenai analisis rapor madrasah (berdasarkan Analisis ANBK dan Survey Lingkungan Belajar) sebagai rujukan dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kerja Madrasah (RKAM).
Pendampingan ini menjadi bagian integral dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MAN IC Bengkulu Tengah. Dengan memanfaatkan data rapot siswa secara efektif, diharapkan penyusunan RKT dan RKAM dapat lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan nyata peserta didik.
“Pendampingan ini tidak hanya sekadar memberikan panduan teknis dalam analisis rapot siswa, tetapi juga membantu para pengelola madrasah untuk memahami lebih dalam karakteristik siswa dan kebutuhan mereka,” ujar Rupi’ah.
Pendampingan ini bertujuan untuk membantu para pengelola madrasah dalam mengidentifikasi potensi dan kebutuhan siswa, sehingga program pembelajaran yang disusun dapat lebih responsif dan efektif. Dengan demikian, diharapkan hasil pembelajaran siswa dapat meningkat secara signifikan.
Selain itu, pendampingan ini juga mencakup penggunaan data rapot siswa sebagai alat evaluasi untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal ini memungkinkan para pengelola madrasah untuk melakukan perbaikan yang tepat waktu dan berkelanjutan.
Senada dengan Rupi’ah, Cici Mulia Sari, M.Pd, Wakil Kepala Bidang Akademik menyatakan bahwa melalui pendampingan ini, Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah menegaskan komitmennya dalam mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan kami di MAN IC Bengkulu Tengah. “Dengan memanfaatkan data rapot siswa secara optimal, diharapkan pembelajaran di madrasah dapat menjadi lebih efektif dan berdampak positif bagi perkembangan akademik dan karakter siswa.” Ucap Cici. HUMAS ICBT